Tuesday, September 11, 2012

Layar Laptop Hitam/ Blank Setelah Sleep/ Hibernate





     Layar laptop hitam/ blank setelah sleep ataupun hibernate, padahal kondisi laptop baik baik saja. pernahkah anda mengalaminya? sudah 2 minggu ini, kakak saya mengeluh akan hal tersebut. soalnya setelah blank tersebut, tidak ada caralain untuk menghidupkannya kembali selain mematikan paksa /mencopot dan memasang kembali baterai lalu menghidupkannya kembali, namun, tidak ada tanggapan yang serius dari saya(padahal bagi kakak saya ini adalah masalah besar :D),, soalnya saya belum tahu jawabannya ,,,,, hehe :) kini saya ingin share dikit buat temen-temen yang pernah mengalami hal tersebut.

      menurut artikel yang saya baca hal tersebut terjadi karena kesalahan dalam pemilihan driver VGA. kok bisa? ya iyalah, soalnya kan yang mengatur layar monitor itu VGA, jadi apapun masalah yang terjadi pada monitor anda, coba cek VGA-nya terlebih dahulu,, baru lakukan tindakan selanjutnya. .
    untuk solusi masalah ini, anda cukup menguninstall driver tersebut dan menginstall driver VGA yang cocok dengan laptop yang anda miliki.

cara menguninstall driver pada windows xp  yaitu:
1. klik start
2. klik kanan pada My Computer> Properties
3. klik tab hardware, lalu klik Device Manager

cara menguninstall driver pada windows7 yaitu:
1. klik start
2. klik kanan pada My ComputerProperties
3. klik Device Manager 

kemudian anda akan dihadapkan kepada sebuah tampilah device manager,santai aja,, hehe
4. sekarang perhatikan seluruh driver yang ada pada device manager,
5. lalu carilah jenis driver yang bernama Display Adapter, 
6. Double klik pada Display Adapter, maka akan muncul sub-sub driver tersebut, lalu klik kanan pada sub Display Adapter> Uninstall,, ikuti proses uninstalasinya,,

jika sudah, restart sekali ..
kemudian barulah anda meninginstall driver yang cocok dengan laptop yang anda miliki.

No comments: